Cara membuat kartu prakerja 2020 gelombang 7 Lengkap

Seperti yang kita ketahui, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Pertama (I) telah selesai dilaksanakan atau telah ditutup pada hari Kamis (16/4/2020). Bagi rekan-rekan yang telah berhasil melakukan pendaftaran untuk Gelombang I ini, mudah-mudahan bisa lolos untuk mengikuti kegiatan pelatihan kartu prakerja selanjutnya. Seperti yang disampaikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, untuk seleksi tahap pertama Kartu Prakerja meloloskan 2.078.026 orang namun hanya 200.000 peserta yang akan mengikuti pelatihan.  sekarang sudah berproses ke gelombang 7 hari ini terakhir gelombang 7

Bagi rekan-rekan yang belum melakukan Pendaftaran Kartu Prakerja, mulai hari Senin (20/4/2020) untuk gelombang kedua kembali dibuka. Oleh karena itu, bagi rekan-rekan sekalian yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti Program Kartu Prakerja ini jangan sia-siakan kesempatan terbaik ini. Untuk membantu rekan-rekan sekalian dalam melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, pada postingan ini kami akan memberikan Panduan Lengkap Pendaftaran Kartu Prakerja 2020. 

Sebelum kita masuk ke tahap Pendaftaran Kartu Prakerja, sedikit admin ingin membagikan informasi Apa itu Kartu Prakerja ? Apa Tujuan Kartu Prakerja ? Siapa saja yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja ? Apakah harus menganggur untuk bisa mengikuti Kartu Prakerja ? Apakah bagi yang sudah bekerja dapat manfaat Kartu Prakerja ?. Untuk selengkapnya, silahkan simak informasi berikut ini :

Apa itu Kartu Prakerja ?

Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberika sekali seumur hidup untuk peserta. 

Apa sih Tujuan Kartu Prakerja ? 

Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja. 

Barangkali, banyak persepsi dari kita Kartu Prakerja itu untuk menggaji pengangguran. Sebenarnya bukan seperti itu ya, Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran. 

Siapa saja yang dapat manfaat Kartu Prakerja ?

Bagi rekan WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 18 (delapan belas) tahun keatas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Awalnya, program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun, untuk merespon COVID-19, program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Banyak pertanyaan yang muncul, Apakah Kartu Prakerja hanya untuk yang belum bekerja, bagaimana dengan yang sudah bekerja ?

Kartu Prkerja tidak hanya untuk yang belum bekerja. Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar Program Kartu Prakerja. 

Bagaimana dengan lulusan Universitas Unggulan dan Sudah Bekerja Apakah Bisa Dapat Manfaat Kartu Prakerja ?

Tentu saja bisa! Karena pekerja baik itu lulusan universitas unggulan ataupun tidak juga butuh peningkatan kompetensi kerja dan keahlian.  Namun, prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.

Selanjutnya, kita masuk ke topik pembahasan kali ini yaitu Panduan Lengkap Pendaftaran Kartu Prakerja 2020 :

Sebelum rekan-rekan melakukan Pendaftaran Kartu Prakerja, silahkan persiapkan beberapa hal berikut ini :

1. E-mail Aktif ;

2. Scan KTP dalam format .jpg/png dengan ukuran file kurang dari 1MB ; dan 

3. Swafoto dengan memegang KTP dalam format .jpg/png dengan ukuran file kurang dari 1MB. 


Setelah beberapa hal diatas dipersiapkan, selanjutnya silahkan akses halaman  

www.prakerja.go.id/

Tahapan I Daftar Akun 

1. Silahkan akses halaman Prakerja.go.id, berikut ini link aksesnya :


2. Masuk di halaman Daftar Kartu Prakerja seperti gambar dibawah ini :

Silahkan klik tombol "Daftar Sekarang".

3. Silahkan isikan :
- Alamat Email aktif, karena sistem akan mengirimkan link untuk aktivasi ke email kita ;
- Password, silahkan isikan password yang mudah rekan ingat, tidak harus sesuai dengan password akun email rekan ; dan 
- Konfirmasi Password. 


Jika sudah, silahkan klik tombol Daftar.

4. Silahkan cek email yang telah rekan daftarkan. Karena link verifikasi telah dikirimkan ke email tersebut.


Masuk dihalaman Gmail, silahkan cek kotak masuk. 
Silahkan klik kotak masuk dari Kartu Prakerja. 

Tahap Daftar Akun dan Login telah berhasil dilakukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara daftar prakerja lengkap dengan gambar mudah mudahan berguna dan bermanfaat jangan lupa dibagikan pada rekan rekan lainnya, terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Cara membuat kartu prakerja 2020 gelombang 7 Lengkap"