Jurnal Retur Pembelian Metode Perpetual

Dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh soal jurnal umum metode periodik dan perpetual. Hal ini membuat perbedaan juga dalam pencatatan akuntansi untuk setiap transaksinya.

Cara Buat Dan Contoh Jurnal Penyesuaian Persediaan Barang Di 2020 Jurnal Harga Pokok Penjualan Tersedia

Jual beli barang dagangan tidak selamanya berjalan dengan mulus.

Jurnal retur pembelian metode perpetual. Dan pada saat melakukan pembelian maka persediaan yang dibeli akan dicatat dengan metode pembelian lalu. Transaksi retur pembelian sebesar rp 75 000. Sering disebut metode buku dimana harga per unit dan jumlah masing masing barang yang telah dijual atau dibeli dicatat secara terus menerus dengan demikian saldo persediaan dapat diketahui setiap saat.

Berikut penjelasan dari kami. Potongan karena lebih dari 10 hari. Kedua metode tersebut dikenal dengan metode fisik periodik dan metode terus menerus perpetual.

Dalam metode perpetual setiap pembelian langsung didebit pada akun persediaan dan setiap penjualan dikredit pada akun persediaan. Umumnya pencatatan barang dagang dalam perusahaan dagang digunakan dengan menggunakan metode pencatatan yang sering kita kenal dengan sebutan sistem periodik dan sistem perpetual. Metode periodik dan perpetual dalam proses pencatatan suatu transaksi terdapat dua metode dimana kedua metode ini sering sekali digunakan dalam mengerjakan jurnal umum.

Dalam kondisi tertentu biasanya ada saja barang yang rusak sehingga pembeli pasti akan mengembalikan barang yang telah dibelinya. Pencatatan transaksi keuangan dalam akuntansi terdiri dari beberapa hal dan salah satunya adalah retur pembelian. Retur pembelian yaitu pengembalian retur barang yang telah dibeli karena barang yang diterima rusak cacat atau tidak sesuai pesanan.

Ditinjau dari metode pencatatan pembelian dan penjualan persediaan terdapat dua metode yaitu metode periodik dan perpetual. Berikut ini pencatatan jurnal untuk transaksi. Terdapat dua metode dalam pencatatan barang dagangan yaitu sistem periodik dan sistem perpetual.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kedua sistem pencatatan tersebut secara singkat dan lugas. Account payable 20 000 000 merchandise inventory 20 000 000. Perusahaan melakukan penjualan kredit dengan harga pokok sebesar rp 400 000.

Pada jurnal pembelian rekening yang didebet adalah rekening persediaan barang dagangan. Contoh jurnal biaya angkut freight in pt x membeli barang dagang dengan syarat angkut fob shipping point seharga rp 20 000 000 secara kredit dari pt z dan biaya angkut sebesar rp 200 000. Dari hal tersebut diatas dapat kita sebutkan bahwa pada metode perpetual.

Cara dan metode pencatatan jurnal akuntansi diskon ini sudah saya uraikan dengan rinci beserta contoh contoh nyata di atas. Namun dewasa ini sebagian besar perusahaan perusahaan dagang menggunakan metode perpetual. Transaksi pembelian dilakukan agar perusahaan memiliki persediaan barang dagangan untuk dijual.

Jurnal retur pembelian metode perpetual yang dibuat oleh perusahaan adalah sebagai berikut. Demikian yang dapat saya bagikan pembahasan tentang pencatatan jurnal retur penjualan dan jurnal diskon potongan penjualan.


Tidak ada komentar untuk "Jurnal Retur Pembelian Metode Perpetual"