Manfaat Globalisasi Pada Aspek Kehidupan Pendidikan

Dampak positif globalisasi dalam kehidupan bangsa indonesia adalah. Pada dasarnya globalisasi dapat memberikan dampak positif dan negatif jika dikaji lebih dalam.

Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dalam proses globalisasi tidak terlepas dari suatu perubahan yaitu perubahan yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Manfaat globalisasi pada aspek kehidupan pendidikan. Manfaat globalisasi di bidang perekonomian. Manfaat globalisasi pada bidang sosial budaya yang selanjutnya dimana globalisasi mampu mendorong peningkatan akan pembelajaran tentang tata nilai sosial budaya cara hidup pola pikir yang baik maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju. Globalisasi telah menimbulkan dampak yang begitu besar dalam dimensi kehidupan manusia karena globalisasi merupakan proses internasionalisasi seluruh tatanan masyarakan modern.

Sehingga terjadi dampak yang beragam terutama pada aspek sosial dampak positif nya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mempermudah manusia dalam berinteraksi. Pendidikan tinggi termasuk pendidikan profesional pada dasarnya masih dalam lingkup negara masing masing dan dalam hal jumlah yang terlibat sebagian besar dibiayai oleh sumber daya publik. Globalisasi sudah menjadi kenyataan sehari hari yang tidak bisa untuk dihindari.

Sistem belajar mengajar yang tidak selalu tatap muka. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi mendorong kita untuk melakukan identifikasi dan mencari titik titik simetris sehingga bisa mempertemukan dua hal yang tampaknya paradoksial yaitu pendidikan indonesia yang berimplikasi nasional dan global.

Prosesnya itu berlangsung sangat cepat serta juga kompleks yang menjangkau segala aspek serta sudah atau telah meresap ke semua bidang kehidupan manusia diantaranya sebagai berikut bidang ekonomi. 2 tahun 1985 yang berisi bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsadan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan kesehatan jasmani dan rohani kepribadian yang baik dan mandiri serta memiliki rasa tanggung. Dampak positif pertama di bidang pendidikan yang disebabkan oleh arus globalisasi adalah sistem pembelajaran secara online atau biasa disebut e learning sistem pembelajaran ini tidak mengharuskan pendidik dan peserta didik untuk saling bertatap muka secara langsung.

Dampak globalisasi dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari hari kita mulai dari penggunaan smartphone penggunaan internet munculnya peralatan masak serba canggih ditemukannya tenaga listrik dengan tenaga matahari dan lain sebagainya. Namun ini adalah sektor yang telah dipengaruhi secara signifikan oleh globalisasi dengan banyak privatisasi dan komersialisasi membuat dampak. Apabila kebudayaan secara umum merupakan suatu rangkaian kepercayaan nilai nilai dan gaya hidup dari suatu masyarakat tertentu didalam eksistensi kehidupan sehari hari maka dewasa ini didalam era globalisasi mulai muncul apa yang disebut kebudayaan global.

Berdasarkan undang undang no. Globalisasi sebagai suatu proses menduniakan yang meliputi pertumbuhan perdagangan internasional pertumbuhan peran dan keikutsertaan perusahaan perusahaan multinasional seperti mcdonald pertumbuhan investasi asing serta pertumbuhan aliran modal dan lain sebagainya. Globalisasi meliputi berbagai aspek dalam kehidupan kita.

Http Www Jurnal Unsyiah Ac Id Pear Article Download 7506 6178

Pdf Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan Oleh

Https Ejournal Unidayan Ac Id Index Php Jfkip Article Download 84 58

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Ekonomi Dan Sosial Budaya Ips Kelas 9


Tidak ada komentar untuk "Manfaat Globalisasi Pada Aspek Kehidupan Pendidikan"